Jumat, 29 Maret 2013

Inteligensi dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Inteligensi dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Kata inteligensi dimaknai dengan kecerdasan, kemampuan atau bahkan keahlian. Dalam menjalankan fungsinya, inteligensi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : 

1. Gen atau Keturunan 
Seseorang yang memiliki orang tua yang keduanya atau salah satunya berinteligensi tinggi, kemungkinan besar ia berinteligensi tinggi pula. Atau jika kedua orang tua tidak berinteligensi tinggi, mungkin juga ada gen resesif (tersembunyi) yang tiba-tiba muncul, yang menjadikan anak memiliki inteligensi yang lebih dibanding kedua orang tuanya.

2. Pengalaman 
Pengalaman adalah guru yang terbaik. Dengan semakin beragamnya pengalaman yang dimiliki, maka inteligensi akan meningkat.

3. Latihan 
Semakin sering seseorang melatih diri dan kemampuannya, maka inteligensinya pun semakin tinggi.

4. Lingkungan 
Lingkungan merupakan salah satu faktor ekstern yang dapat berpengaruh pada inteligensi. Apabila lingkungan yang ditinggali mendukung untuk mengembangkan inteligensi, maka inteligensi pun akan meningkat. Demikian juga sebaliknya. 

5. Reward and Punishment 
Ketika seseorang mendapatkan reward atas inteligensi yang dimilikinya, maka kecenderungan untuk meningkatkan inteligensinya akan muncul. Pun jika ada punishment sebagai konsekuensi akan inteligensi yang ada, maka kecenderungan untuk meningkatkan inteligensi pun akan tumbuh.

6. Pola makan dan Asupan gizi 
Jika makanan yang dikonsumsi berupa makanan yang nilai gizinya cukup dan seimbang, maka inteligensi pun dapat berkembang.

Judul : Inteligensi dan Faktor Yang Mempengaruhinya
Ditulis Oleh : Shoimatul Ula 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar